- -
Buka
program ms.office lalu cari program ms.word lalu buka.
- -
Setelah
program ms.word terbuka ketiklah surat yang ingin ditujukan untuk beberapa
orang.
-
Setelah mengetik surat yang ingin ditujukan untuk
beberapa orang,sekarang mulai membuat data menggunakan mail merge.caranya
klik menu mailings pada toolbaràstart mailings mergeà step by stepmail merge wizard.
-
kemudian
muncul jendela pada bagian kanan lalu pilih select document type pilih letter
kemudian klik next starting document.
-
Lalu
tahap selanjutnya pada select starting document pilih use the current document
kemudian pilih next select recipients
-
setelah
terbuka new adrest list akan muncul gambar tabel lalu
pilih cuztomize columns.
-
jika sudah muncul
jendela/tabel cuztomize addres list hapus semua yang ada pada field names
caranya klik tombol delete,jika muncul pertanyaan klik yes.
-
Tahap
selanjutnya pada select recipients pilih pada type a new list lalu create
- -
setelah
terbuka new adrest list akan muncul gambar tabel lalu
pilih cuztomize columns.
- -
jika sudah muncul
jendela/tabel cuztomize addres list hapus semua yang ada pada field names
caranya klik tombol delete,jika muncul pertanyaan klik yes.
-
-Setelah terhapus
semua seperti gambar disamping.buat baru field name dengan cara klik add ketik
nama field dan klik tombol OK (“nama”,”alamat”,”telphone”,”kode pos”).
- -
Jika
sudah,hasilnya akan seperti ini.kemudian klik tombol ok.
-
S - setelah
itu akan muncul jendela penyimpanan file.berikan nama filenya pada kolom file
name,jika sudah klik tombol save.
- -
Bila
data telah selesai disimpan,klik OK
- -
Langkah
selanjutnya adalah klik insert merge field lalu masukkan
nama,alamat,telepon,kode pos yang tadi sudah dibuat.
-
-Selanjutnya klik icon
result untuk mengubah kode pada data sebenarnya.
-
Untuk
mengganti-ganti nama yang lain yang sudah dibuat tadi klik tanda panah yang ada
di sebelah kanan dekat preview result.
semoga bermanfaat :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar