Minggu, 13 Oktober 2013

STRUKTUR ORGANISASI BISNIS



BAB 1
PENDAHULUAN

Keberhasilansuatuorganisasibisnisdalammenjalankanbisnisnyatidakterlepasdaribagaimanamerekamengelola dan mengatur segalasesuatu aspek yang adadalambisnis. Strukturorganisasibisnis, penerapanprinsiporganisasibisnis sertabagaimanaperilakuseorang pebisnisdalammenjalankanbisnismerekasangatlahmenentukanjalannyabisnis yang merekatempuh.
Suatustrukturmenurutbisnis modern harusmenempatkankaryawandariberbagaitingkatkemampuangunamencapaiefisiensi yang maksimal. Strukturorganisasimerupakansuaturangkakerjasamadariberbagaibagianmenurutpola yang menghendakiadanyaketertiban, penyusunan yang logisdanhubungan yang serasi dan baik.
Jikasuatu organisasibisnismampumenerapkandanmengkombinasikanseluruhaspektersebut, makabukanhal yang mustahiljikausahamerekaakanberhasil. Masalah yang seringdihadapiolehpengusahabisnispadamasaglobalisasiiniadalahkurangnyakemampuanmerekadalammengorganisirperusahaanuntukgoglobal.
Dalam perwujudanya,organisasi memiliki 2 sifat yaitu fisiki dan non-fisik.adapun aspek-aspek sosial,budaya,teknologi dan sejumlah interaksi yang tidak tampak oleh panca indra.
Organisasi dapat dikatakan sebagai sarana untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan melalui fungsi manajemen yang dilakukan seorang pemimpin dengan organisasi yang tercipta diperusahaan yang bersangkutan.maka keberhasilah perusahaan tergantung pada organisasi yang dijalankan.

BAB II
STRUKTUR ORGANISASI BISNIS

               i.      ABSTRAK
Struktur Organsasi
Strukturorganisasiadalahgambaran yang mengindikasikangelardaritiapposisikepemimpinandandihubungkandengangaris yang menunjukkankepadasiapabertanggungjawab, dansiapa yang memimpinperintahdalamtiapdepartemen.
struktur organisasi juga dapat dikatakan sebagai susunan yang terdiri dari fungsi-fungsi
dan hubungan-hubungan yang menyatakan keseluruhan kegiatan untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
struktur organisasi merupakan kelanjutan dari dua bentuk pola organisasi.
struktur organisasi secara otomatis merupakan perwujudan struktur adapun
struktur organisasi formal dengan menganalisis jabatan-jabatan yang telah
ditetapkan
Rantaipimpinanataurantaikekuasaanadalahgarisdimanawewenangdaripresidenuntukpekerja di posisiterbawahpadagrafikorganisasi.Selanjutnya, arustanggungjawabdaribawahkeatasadalahsama, yaitupekerjabertanggungjawabkepadapresiden.
Struktur organisasi dapat didefinisikan sebagai mekanisme-mekanisme formal organisasidiolah. Strukturiniterdiridariunsurspesialisasikerja, standarisasi, koordinasi, sentralisasiataudesentralisasidalampembuatankeputusandanukuransatuankerja.
Organisasi Formal
Organisasi formal adalah organisasi yang dapat terlihat dalam gambar struktur organisasi.
Organisasi Informal
Organisasi Informal adalah kontak-kontak yang informal, komunikasi-komunikasi, dan cara meningkatkan perkembangan karyawan. jaringan komunikasi informal yang terdapat diantara para karyawan
struktur organisasi informal juga memiliki kelemahan ketika komunikasi
tersebut berproses tidak menguntungkan bagi organisasi,yang dapat
berdampak besar pada moral karyawan dan informasi tentang sesuatu yang
dilebih      
lebihkan cenderung tersebarlebih cepat dan lebih luas melalui struktur informal.

Prinsip-prinsip Organisasi
Untuk mencapai organisasi yang baik kita harus mempunyai prinsip agar kita dapat menjalankan organisasi dengan tujuan yang jelas.karena bila kita membuat organisasi hanya sembarang tidak mempunyai prinsip atau tujuan maka membentuk organisasi akan menjadi sia-sia dan tidak dapat menghasilkan apa-apa.berikut prinsip-prinsip dalam organisasi.
·         Prinsiphirarkhiadalahfilsafat yang mengharuskanadanyarangkaianpimpinan yang jelasdariposisi paling tinggikeposisi paling rendahdalamsebuahperusahaan.
·         Prinsipkesatuankomandoadalahfilsafatbahwatiap orang di perusahaanharusmelaporkanhanyakepadasatupengawas. Inimenjaminbahwatiapperintahdapatdimengertidantidakterjadipertentanganperintahdariduaataulebihpengawas.
·         OrganisasiHarusMempunyaiTujuan yang Jelas. Organisasidibentukatasdasaradanyatujuan yang ingindicapai, dengandemikiantidakmungkinsuatuorganisasitanpaadanyatujuan.
·         PrinsipPendelegasianWewenang. Seorangpemimpinmempunyaikemampuanterbatasdalammenjalankanpekerjaannya, sehinggaperludilakukanpendelegasianwewenangkepadabawahannya. Pejabat yang diberiwewenangharusdapatmenjamintercapainyahasil yang diharapkan. Dalampendelegasian, wewenang yang dilimpahkanmeliputikewenangandalampengambilankeputusan, melakukanhubungandengan orang lain, danmengadakantindakantanpamintapersetujuanlebihdahulukepadaatasannya.
Dalam mencapai tujuan organisasi, ada 4 fungsi organisasi yang sangat perlu diperhatikan berkaitan dengan manajemen organisasi, yaitu:
1.             Planning (perencanaan)Hal yang berkaitandengan perencanaan dalam organisasidiantaranya adalah rencana-rencana yang  disusun olehpengelola organisasi, seperti rencana kerjaataukegiatansertaanggaran yang diperlukan, teknispelaksanaannya bias melaluirapat-rapat.
2.            Organizing (pengaturan)Dalamhalpengaturan, unsur yang perludiperhatikan&diwujudkanadalahStrukturOrganisasi yang mampumenunjukkanbagaimanahubungan (relationship) antaraorganisasi/bagian/seksi yang satudengan yang lain.Job Description yang jelas yang mampumenjelaskantugasmasing-masingbagian.
3.            Accounting (pelaporan)Pelaporanmerupakanunsurwajib yang harusdilakukanuntukmenunjukkansikap& rasa tanggungjawabdaripenguruskepadaanggotanyaataupunkepadastruktur yang beradadiatasnya. Wujudkongkritnyaadalah  Progress Report (LaporanPengembanganKegiatan)atauLaporanPertanggungJawaban (LPJ) Kegiatan
4.            Controling (pengawasan)Tugasorganisasiataupunpimpinanorganisasi yang tidakbolehterlewatkanadalahmelakukanpengawasanterhadapaktifitasorganisasiataupunrealisasikegiatandanpenggunaananggaran.
Model-model organisasi

Organisasi garis
Organisasi garis Adalah struktur organisasi yang bericirikan mata rantai vertikal antara berbagai tingkat organisasi,semua anggota organisasi menerima perintah melalui suatu rantai komando.

Organisasi garis dan staf
Yaitu penambahan staf ahli kepada organisasi garis dan
Fungsi staf adalah memberi nasihat dan bersifat mendukung
usaha-usaha dari jabatan ini dalam mencapai
keberhasilan tugas-tugasnya.

Organisasi Matriks
Organisasi matrik sering juga disebut sebagai
project organisation,
yaitu suatu
organisasi yang dibentuk secara khusus dan bersifat sementara dimana seorang
atau
lebih manajer diberi kekuasaan dan tanggungjawab untuk memenuhitujuan-tujuanproyek dan penyelesaiannya.

Interpreneurship
Yaitupemberiantugaskepadakaryawantertentudarisuatuperusahanuntukmenciptakangagasan,seolah-olahmereka
Adalahpengusahayangmenjalankanperusahaansendiri.

MACAM-MACAM ORGANISASI

A.  OrganisasiNiaga
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan. Macam-macam Organisasi Niaga:
o    Perseroan Terbatas (PT)
o    Perseroan Komanditer (CV)
o    Firma (FA)
o    Koperasi
o    Join Ventura
o    Trus
o    Kontel
o    Holding Company
Beberapa Tipe Organisasi Niaga :
1. Badan Usaha / Perusahaan Perseorangan atau Individu

Perusahaan perseorangan adalah badan usaha kepemilikannya dimiliki oleh satu orang. Individu dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tententu. Semua orang bebas membuat bisnis personal tanpa adanya batasan untuk mendirikannya. Pada umumnya perusahaan perseorangan bermodal kecil, terbatasnya jenis serta jumlah produksi, memiliki tenaga kerja / buruh yang sedikit dan penggunaan      alat    produksi      teknologi      sederhana.

Contoh perusahaan perseorangan seperti toko kelontong, tukang bakso keliling, pedagang asongan, dan lain sebagainya.
Ciri dan sifat perusahaan perseorangan :
o    Relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
o    Tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
o    Tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi
o    Seluruh keuntungan dinikmati sendiri
o    Sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
o    Keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan penghasilan yang lebih besar
o    Jangka waktu badan usaha tidak terbatas atau seumur hidup
o    Sewaktu-waktu dapat dipindah tangankan

2. Perusahaan / Badan Usaha Persekutuan / Partnership

Perusahaan persekutuan adalah badan usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih yang secara bersama-sama bekerja sama untuk mencapai tujuan bisnis. Yang termasuk dalam badan usaha persekutuan adalah firma dan persekutuan komanditer alias cv. Untuk mendirikan badan usaha persekutuan membutuhkan izin khusus pada instansi pemerintah yang terkait.
a. Firma
Firma adalah suatu bentuk persekutuan bisnis yang terdiri dari dua orang atau lebih dengan nama bersama yang tanggung jawabnya terbagi rata tidak terbatas pada setiap pemiliknya.
ciri dan sifat firma :
o    Apabila terdapat hutang tak terbayar, maka setiap pemilik wajib melunasi dengan harta pribadi.
o    Setiap anggota firma memiliki hak untuk menjadi pemimpin
o    Seorang anggota tidak berhak memasukkan anggota baru tanpa seizin anggota yang lainnya.
o    Keanggotaan firma melekat dan berlaku seumur hidup
o    Seorang anggota mempunyai hak untuk membubarkan firma
o    Pendiriannya tidak memelukan akte pendirian
o    Mudah memperoleh kredit usaha
b. Persekutuan Komanditer / CV / Commanditaire Vennotschaap
CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya. Satu pihak dalam CV mengelola usaha secara aktif yang melibatkan harta pribadi dan pihak lainnya hanya menyertakan modal saja tanpa harus melibatkan harta pribadi ketika krisis finansial. Yang aktif mengurus perusahaan cv disebut sekutu aktif, dan yang hanya menyetor modal disebut sekutu pasif.
Ciri dan sifat cv :
o    Sulit untuk menarik modal yang telah disetor
o    Modal besar karena didirikan banyak pihak
o    Mudah mendapatkan kridit pinjaman
o    Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif tinggal menunggu keuntungan
o    Relatif mudah untuk didirikan
o    Kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu

3. Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat

Perseroan terbatas adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya. Di dalam PT pemilik modal tidak harus memimpin perusahaan, karena dapat menunjuk orang lain di luar pemilik modal untuk menjadi pimpinan. Untuk mendirikan PT / persoroan terbatas dibutuhkan sejumlah modal minimal dalam jumlah tertentu dan berbagai persyaratan lainnya.

Ciri dan sifat PT :
o    Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi.
o    Modal dan ukuran perusahaan besar.
o    Kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham.
o    Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham.
o    Kepemilikan mudah berpindah tangan.
o    Mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan / pegawai.
o    Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal / saham dalam bentuk dividen.
o    Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saham.
o    Sulit untuk membubarkan PT.
o    Pajak berganda pada pajak penghasilan / pph dan pajak deviden

B.  OrganisasiSosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat
Jalur pembentukan organisasi Kemasyarakatan :
o    Jalur Keagamaan.
o    Jalur Profesi.
o    Jalur Kepemudaan.
o    Jalur Kemahasiswaan.
o    Jalur Kepartaian & Kekaryaan.

      C. Organisasi Regional & International
1. Organisasi Regional
Organisasi Regional adalah organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara tertentu saja.

2. Organisasi Internasional
Organisasi Internasional adalah organisasi yang anggota-anggotanya meliputi negara di dunia.

             ii.      Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan tentang Organisasi Bisnis secara keseluruhan, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.     Keberhasilansuatuorganisasibisnisdalammenjalankanbisnisnyatidakterlepasdaribagaimanamerekamenjalankanstrukturorganisasiperusahaantersebut.
2.    Untukmencapaiorganisasi yang baik, paraahlimanajemenmerumuskanprinsip-prinsipsebagaiberikut:
*) Prinsiphirarkhiadalahfilsafat yang mengharuskanadanyarangkaianpimpinan yang jelasdariposisi paling tinggikeposisi paling rendahdalamsebuahperusahaan.
*) Prinsipkesatuankomandoadalahfilsafatbahwatiap orang di perusahaanharusmelaporkanhanyakepadasatupengawas.Inimenjaminbahwatiapperintahdapatdimengertidantidakterjadipertentanganperintahdariduaataulebihpengawas.
3. Otoritas adalah hak untuk mulai bertindak, hak untuk membuat keputusan, hak     untuk melangsungkan pekerjaan dari orang lain, dan hak untuk memberi pesanan/perintah.
4. Departementalisasi terbagi menjadi: fungsional, produk, konsumen, wilayah, dan acuan/matriks.
5. Pencocokan organisasi terhadap situasi menunjukkan bahwa struktur organisasi yang berbeda adalah sesuai dengan tugas-tugas yang berbeda pula.
6. Komunikasi di dalam organisasi-organisasi sangatlah penting karena mempengaruhi perilaku orang lain dengan gagasan-gagasan pembagian, informasi, atau perasaan dengan mereka.
7. Cara terbaik untuk meyelesaikan desas-desus atau selintingan adalah dengan memberitahukan kebenarannya sesegera mungkin agar tidak terlalu meyebar dan semakin memperburuk keadaan.

BAB 3            
DAFTAR PUSTAKA

1 komentar: