Selasa, 13 Juni 2017

Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (CSR) beserta Jurnal

Pelaporan tanggung jawab sosial mengacu pada pengukuran dan komunikasi informasi mengenai pengaruh suatu perusahaan terhadap kesejahteraan karyawannya, masyarakat setempat dan lingkungan. Hal ini mencerminkan kepercayaan bahwa perusahaan berutang kepada para pihak yang berkepentingan dalam bentuk laporan akuntansi tahunan mengenai kinerja sosial dan lingkungannya. Saat ini perusahaan dituntut untuk menunjukkan rasa tanggung jawab kepada sekelompok besar yang disebut sebagai pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) – karyawan, pelanggan, pemasok, pemerintah, kelompok aktivis, dan masyarakat umum. Informasi mengenai kesejahteraan karyawan telah lama menjadi perhatian bagi organisasi buruh. Bidang permasalahan yang yang menjadi perhatian terkait dengan kondisi kerja, keamanan pekerjaan, kesetaraan dalam kesempatan, keanekaragaman angkatan kerja dan tenaga kerja anak-anak. Pengungkapan karyawan juga diminati oleh para investor karena memberikan masukan berharga mengenai hubungan kerja, biaya, dan produktivitas perusahaan. Jurnal Penelitian Jurnal Pertama Nama Jurnal Jurnal Ilmu Akuntansi Volume/Halaman Volume 9 Nomor 2 Nama Penulis Atiqah Judul Jurnal Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Tingkat Pengembalian Saham Tanggal Jurnal Oktober 2016 Tujuan Penelitian Untuk menguji pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Melalui Risiko terhadap Return Saham Variabel Penelitian Variabel independen : Corporate Social Responsibility, risiko, Profitabilitas, interaksi CSR dan risiko Variabel dependen : Return saham Hasil Penelitian Berdasarkan hasil statistik yang dilakukan oleh t-tes dan uji F, menunjukkan bahwa CSR dan risiko berpengaruh dengan signifikansi alpha 1%. Pengungkapan CSR memiliki pengaruh erhadap return saham melalui risiko. ROA sebagai variabel kontrol tidak memiliki pengaruh terhadap stock return Jurnal Kedua Nama Jurnal Jurnal Nominal Volume/Halaman Volume IV Nomor 2 Nama Penulis Anggara Satria Putra Judul Jurnal Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013) Tanggal Jurnal Tahun 2015 Tujuan Penelitian 1) Mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan ROA pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2010-2013. 2) Mengetahui pengaruh CSR terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan ROE pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2010-2013. 3) Mengetahui pengaruh CSR terhadap profitabilitas perusahaan yang diukur dengan NPM pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2010-2013. Variabel Penelitian Variable Independen : Corporate Social Responsibility Variable Dependen : Return on Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) Hasil Penelitian 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan CSR terhadap Profitabilitas perusahaan yang diukur dengan Return on Asset (ROA) pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI pada tahun 2010-2013 yang ditunjukkan dengan nilai path coeffisien 0,17 dan nilai p-value sebesar0,02. 2) Terdapat pengaruh positif, namun tidak signifikan CSR terhadap Profitabilitas perusahaan yang diukur dengan Return on Equity (ROE) pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI pada tahun 2010-2013 yang ditunjukkan dengan nilai path coeffisien yang positif yaitu sebesar0,13, dan memiliki nilai p-value yaitu sebesar 0,26. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan CSR terhadap Profitabilitas perusahaan yang diukur dengan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI pada tahun 2010-2013 yang ditunjukkan dengan nilai path coeffisien 0,16 dan nilai p-value sebesar0,03. Jurnal Ketiga Nama Jurnal Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume/Halaman Volume 5 Nomor 7 Nama Penulis Oktaviani Nur Fadila Judul Jurnal Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas dan Likuiditas pada Perusahaan Tobacco Manufactures Tanggal Jurnal Juli 2016 Tujuan Penelitian untuk mengetahui bagaimana analisis pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan Variabel Penelitian Variable Independen : Corporate Social Responsibility Variable Dependen : Return On Equity (ROE), Current Rasio (CR) Hasil Penelitian Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dan Corporate Social Responsibility berpengaruh signifikan terhadap Current Rasio (CR) Sumber : Choi, Frederick D.S and Gary K. Meek (2010). International Accounting. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar